Melk (baca: Merk) Ponsel telanyar

23 Des

Ini saya salin dari Koran Tempo edisi 23 Desember 2010, halaman B4. Tulisan tentang Pasar Menggiurkan Bisnis Ponsel.

Rupanya demam jejaring sosial ini benar-benar dimanfaatkan oleg produsen telepon seluler berlomba-lomba menciptakan produk terbaru. Tak perlu keren, harga mahal atau dengan nama terkenal seperti Nokia, Samsung Sony Erison dll. Yang penting ponsel tersebut ada fitus Facebook, dan Twitter pasti diburu pembeli.

Ponsel murah dengan aneka merek memang beredar di pasaran. Ada Hi-Tech, K-Touch, Startech, Nexian, Taxco, Anycool, My-G, Beyond, Vitell, D-One, Titan, VirtuV, GStar, Altrec, Imo, Kanselir, Kozi, Micxon, Mito, Ozon, Lotus, Techno, ZTE, Huawei, Haier, Lotus, dan iMobile.

Merek lain yang sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi kini menunggu giliran. Antara lain Maxtron, M Mobile, Cross, nano, Bluedio, Neotel, Al Tone, Ivio, Vcall, dan Xtelecom. Berikutnya akan ada merek Nckia, Nokla, Vevtu, Motolola, Suny Elicsson.

Nama beberapa produk menyerupai, atau hampir mirip, atau sengaja diplesetkan. saya tidak tahu. tengok saja nama Motolola identik dengan Motorola, de el el.

Salam

Tinggalkan komentar