Cetak Biru Batik Siap Diluncurkan

27 Sep

JAKARTA, KOMPAS.com – Dokumen cetak biru pelestarian dan pengembangan batik nasional yang disiapkan Kementerian Perdagangan, akan diresmikan peluncurannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (28/9/2011).

Dengan cetak biru itu, batik tidak hanya diapresiasi, tetapi kerajinan tangan tradisional asli Indonesia yang diarahkan menjadi produk budaya yang memiliki potensi ekonomi serius.

“Apresiasi terhadap batik sudah terus meningkat mulai 2006. Sekarang sudah memasuki tahapan berikutnya, yakni batik menjadi identitas yang menyatukan bangsa. Apalagi, UNESCO (badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk pengembangan kebudayaan) telah mengakui Batik sebagai ciri khas Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa (27/9/2011) saat berkunjung ke redaksi Kompas.

Menurut Mari, cetak biru batik ini diharapkan akan memberikan sebuah rujukan bagi pemegang kepentingan, untuk memahami, melestarikan, dan mengembangkan batik Indonesia, sehingga dapat tercipta kolaborasi serta sinergi yang positif dalam pemanfaatan sumber dayanya.

Cetak biru ini juga dibutuhkan, untuk membuat tolok ukur pencapaian pelestarian dan pengembangan batik di Indonesia, baik batik sebagai warisan budaya maupun batik sebagai bagian dari industri kerajinan di Indonesia.

“Setelah UNESCO mengakui batik sebagai intangible heritage (warisan yang tak berwujud), kini Indonesia harus menjaganya agar warisan itu tetap hidup,” katanya.

Sebagai informasi, asal kata batik adalah kata dalam bahasa Jawa, “amba” (menggambar) dan “titik”. Batik menjadi warisan budaya Indonesia dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu pertama, batik sebagai ekspresi budaya. Kedua, batik sebagai teknik kriya.

Adapun batik sebagi industri, merupakan bagian dari sektor kerajinan yang merupakan industri kreatif berbasis budaya.

Sumber: Kompas.com

Satu Tanggapan to “Cetak Biru Batik Siap Diluncurkan”

  1. Indonesia Rattan and craft 26 Oktober 2011 pada 15:13 #

    wahh da lewat,.
    pingin lihat hasilnya nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: