Mikul Dhuwur Mendhem Jero

7 Jun

“Mikul dhuwur, mendhem jero”

Judul artikel ini sebenarnya pingin saya posting, awal tahun ini. Saat itu rame-rame kader Golkar membela sang Ketum..

“Mikul dhuwur, mendhem jero”
Kalimat itu dulu sering saya dengar. Kalau tidak diacara pemakaman, atau oleh Presiden Soeharto saat memberi pengarahan pada kelompencapir,-kelompok petani, pembaca, dan pemirsa- (kalau tidak salah lho ya).

Arti dari kata-kata itu adalah, junjunglah setinggi-tingginya nama baik orang tuamu, dan sembunyikan sedalam-dalamnya keburukannya.

Kalimat yang sederhana, tapi maknanya luar biasa. Pesan moralnya begitu dalam.

Anda setuju, atau tidak itu hak Anda.

Yang pasti saya masih termasuk pemegang falsafah itu. Tapi tentu dalam arti sesungguhnya. Insya Allah Membela nama baik orang tua. Dan semua orang pun tentunya melakukan itu.

Nha, tapi entah kebetulan atau tidak. Sekarang banyak orang menggunakan falsah itu tidak pada tempatnya. Menutupi kesalahan kroninya.

Maaf hampir semua partai melakukan itu. Jika dulu Golkar, kini ramai Partai Demokrat. Nazaruddin secara hukum belum tentu bersalah. Masih jauh proses pembuktiannya. Namun Demokrat seperti takut sebelum bertanding. Dengan berbagai cara berusaha mengaburkan keberadaan Nazaruddin. Sang Bendum dibiarkan kabur begitu saja.

Sudahlah, ada yang lebih ahli dari saya soal ini.

Tapi satu lagi contoh.Kasus cek pelawat yang diduga menyeret nama Nunun Nurbaeti, isteri Komisaris Jenderal Purnawirawan Adang Daradjatun. Sampai kini tak jelas keberadaanya. Konon menderita sakit amnesia.

Ya sudah, semoga lekas diberi kesembuhan. Nha tapi, anehnya dari mulai sakit sampai sekarang KPK tak bisa menemui sang mantan anggota Bhayangkari itu. Kini beredar kabar wanita sosialita itu malang melintang Negeri tetangga.

Bukan kabar lagi, lha wong ini diumumkan KPK, Kementerian Hukum, dan Deplu kok.

Lha yang ini jelas, Pak Adang meski bukan keturunan Jawa menganut falsafah Mendem Jero. Menutupi sedalam-dalamnya kekurangan keluarganya.

Salam..
Erwindar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: