Kartini dari Tanah Saudi

23 Des

Kartini-kartini di Tanah Saudi


Ini cerita perjalanan 5 jam saya di Riyadh, Saudi Arabia 15 Desember 2010 kemarin.

Rombongan kami mendarat di Bandara Riyadh persis jam 3 waktu setempat. Di tempat antrian cek visa saya sempat kebingungan. Rekan-rekan wanita satu rombongan, baik jurnalis maupun dari General Electric tampil beda. Menganakan abaya, sebuah baju adat arab berwarna hitam, yang menutupi seluruh tubuhnya. “Apakah ini syarat masuk Saudi?,” tanya saya kepada salah satu rekan.

“Saya kurang begitu tahu. Daripada dilarang nanti lebih baik bersiap dari sekarang,” kata Valerie, rekan satu rombongan.

Bayangan bahwa perempuan di negeri Arab selalu mengenakan, abaya atau kerudung hitam yang menutup seluruh wajah, hati-hati dalam mengeluarkan suara, dan tidak sembarangan keluar rumah, sirna saat saya menginjakkan kaki di Sheikh Mohammed Hussein Al Amoudi Center di Riyadh Saudi Arabia. Sebuah rumah sakit yang dikelola keluarga Al Moudi.

Di ruangan auditorium rumah sakit itu, kami rombongan dari General Electric mengikuti sebuah seminar kesehatan tentang peran wanita dalam kesehatan keluarga di Saudi. Panelisnya tiga wanita, presenternya pun wanita.

Mereka adalah; DR. Samia Al-Moudi, Dr. Nouf Alabdallah, Amal H Kenanah. Dipandu oleh seorang presenter wanita, Fadia Al Tawell. Mereka semua tampil tanpa abaya, layaknya talkshow pada umumnya. Ke empat panelis itu, bukan orang sembarangan. Dari curiculum vitae yang dibagikan mereka layak disebut Srikandi, atau Kartini dari Saudi.

Perempuan-perempuan yang mendobrak dominasi kaum adam. Ini pandangan pribadi saya, bahwa Saudi bukan negara yang mendiskriminasikan kaum wanita.

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: