Relokasi Daerah Rawan Bencana: Perlukah?

4 Nov

Sebelumnya saya mohon maaf memposting judul tulisan ini. Sungguh tiada maksud mengabaikan sudara-saudara saya yang saat ini tengah dirundung duka. Do’a saya senantiasa untuk saudara-saudara yang saat sedang mendapat ujian dari Tuhan.

Sebenarnya tulisan ini bermula dari diskusi di Politikana relokasi.

Pendapat saya seperti yang saya tulisakan di kolom komentar

Relokasi untuk saat ini bukan pilihan yang tepat. tetapi menurut saya kedepan perlu dipikirkan sebuah cara agar masyarakat tidak menempati/mendirikan bangunan di zona-zona bahaya bencana. Bagaimanapun juga negara kita terletak di daerah yang rawan bencana.
Dalam rencana tata ruang wilayah, zona rawan bencana tidak boleh didirikan bangunan.
bangunan, misalnya rumah harus di zona aman bencana. nah zona bahaya, misalnya seperti lereng Merapi bisa saja utk lahan peertanian atau peternakan.
Semoga bermanfaat..

Salam waroengbhatik

Tinggalkan Balasan

