Influencer, Tranding Topik, dan Pengalihan Isu

4 Nov

MINGGU, 12 September 2010 pukul 10 pagi, peristiwa penusukan dua pendeta di Ciketing Bekasi masih menjadi tema mayoritas timeline para tweps.

Respon SBY yang tak kunjung datang dan aneka ungkapan keprihatinan atas peristiswa itu disampaikan para tweps.

Namun, entah apa sebabnya setengah jam kemudian Timeline para tweps berubah. Saya tak tau siapa yang memulai, kemudian muncul tema baru, #jamanSD.

Tak sampai satu jam timeline #jamanSD menjadi trending topic. Timeline tentang peristiwa Ciketing, Bekasi menurun jumlahnya. Bisa dihitung dengan jari.

Muncul sebuah pertanyaan, siapa yang memulai TL #jamanSD. Saya tak sempat melacak. Yang pasti penggulir pertama adalah tweps yang punya banyak follower. Bahkan sudah menjadi influencer.

Sehingga dalam waktu singkat, TL #jamanSD bisa mengalihkan perhatian tweps dari peristiwa Ciketing.

Timbul pertanyaan keduaku, apakah memang TL #jamanSD sengaja dimunculkan untuk pengalihan isu. Agar peristiwa Ciketing tidak memicu dampak yang lebih luas di masyarakat.

Kalau memang ada misi pengalihan isu dari TL #jamanSDn bisa saya katakan itu sukses dilakukan. (Mohon maaf pada yang pertama membuat TL #jamanSD, saya tak bermaksud menuduh).

Kesimpulan saya, tweps yg telah mendapat predikat influencer berpotensi menjadikan TL nya sebagai trending topics. Dan menjadi media yang efektif untuk misi pengalihan isu.

Bila saat ini hanya perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa tweps, kedepan tidak tertutup kemungkinan politikus, lembaga pemerintahan termasuk intelijen menggunakan jasa tweps. Tentu untuk misi mereka masing-masing.
Benarkah? Wallahu alam bissowab.
Saya hanya mengira-ira…

Selamat malam ki Sanak
salam

Waroengbhatik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: